Jatim Times Network Logo
06/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Tak Sembarangan, Pakai Sandal Pun Ada Adab Sesuai Tuntunan Rasulullah 

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

02 - Dec - 2022, 08:11

Ilustrasi memakai sandal sesuai tuntunan Rasulullah (pixabay)
Ilustrasi memakai sandal sesuai tuntunan Rasulullah (pixabay)

JATIMTIMES - Nabi Muhammad SAW, selalu memberikan contoh atau tauladan yang baik bagi seluruh umatnya dalam berbagai hal. Bahkan, dalam hal kecil seperti memakai sandal pun, Rasulullah SAW memberikan tuntunan kepada umatnya.

Diolah dari Islam Pos, dalam berbagai hadits telah dijelaskan tentang bagaimana Sunnah Rasulullah saat mengenakan sandal. 

Baca Juga : Jadi Penyebab Selokan Tersumbat, Lurah Jember Kidul Tegur Pemilik Toko Buah di Talangsari

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, mengatakan, Rasulullah pernah bersabda, "Janganlah di antara kalian berjalan dengan sandal sebelah. Hendaklah memakai keduanya atau melepaskan keduanya".

Kemudian, dari Jabir radhiyallahu 'anhu menjelaskan, "Sesungguhnya Nabi SAW melarang seorang laki-laki makan dengan tangan kiri dan berjalan dengan sandal sebelah".

Abu Hurairah juga mengatakan, bahwa sandal yang dikenakan Rasulullah mempunyai dua tali qibal. Demikian pula dengan sandal yang dipakai Abu Bakar dan Umar Bin Khattab. Sedang orang yang pertama kali mengikatkan satu ikatan adalah Utsman bin Affan.

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu menjelaskan, "Sesungguhnya Nabi SAW melarang seorang laki-laki makan dengan tangan kiri dan berjalan dengan sandal sebelah".

Ketika memakai sandal, Rasulullah selalu memulainya dengan memakai dari kanan, baru kemudian sebelah kiri.

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu menceritakan tentang apa yang dicontohkan Rasulullah ini.

Baca Juga : Viral Video Burung Kasturi Ikut Menyimak Khotbah Jumat di Masjid

"Sesungguhnya Nabi SAW bersabda, "Bila salah seorang di antara kalian hendak memakai sandal, hendaklah memulainya dari yang sebelah kanan. Dan bila dia melepasnya, maka hendaklah dimulai dengan yang sebelah kiri. Hendaklah posisi kanan dijadikan yang pertama kali dipasangi sandal dan yang terakhir kali dilepas".

Bukan hanya itu, Qutaibah juga meriwayatkan dari Malik dan diriwayatkan pula oleh Ishaq bin Musa dari Ma'an dari Malik dari Abu Zinad dari A’raj yang bersumber dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari perawi Aisyah radhiyallahu 'anha.

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, dia berkata, "Rasulullah menyenangi bagian yang sebelah kanan dan diusahakannya sekuat tenaga, tatkala bersisir, memakai sandal demikian pula sewaktu bersuci".


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri