Viral Video Obat untuk Menggugurkan Bayi, Akun TikTok ini Blak-blakan | Madura TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Viral Video Obat untuk Menggugurkan Bayi, Akun TikTok ini Blak-blakan

Jun 06, 2022 21:46
Potongan video TikTok akun @apotekpatikraja (foto: screenshot TikTok @apotekpatikraja)
Potongan video TikTok akun @apotekpatikraja (foto: screenshot TikTok @apotekpatikraja)

JATIMTIMES - Viral sebuah video di akun TikTok bernama @apotekpatikraja menjelaskan berbagai macam obat-obatan yang berguna untuk mengugurkan kandungan.

Video tersebut menunjukkan bahwa seseorang datang ke apotek untuk mencari obat. Namun, tanpa disangka, obat yang dicari adalah penggugur kandungan.

Baca Juga : Hati-hati, Ini Bahaya Buah Rekayasa Genetik yang Tak Ada Bijinya Bagi Kesehatan

“Mbak pacar saya telat haid, saya lupa pakai pengaman kemarin ada obat buat g***rin?,” sebuah tulisan yang muncul dalam video.

Suasana apotek dalam video itupun sama seperti apotek lain. Yakni ada apoteker melayani konsumen yang sedang membeli obat-obatan.

Setelah tulisan itu muncul, ada tulisan yang menunjukkan bahwa obat penggugur kandungan tersedia di apotek tersebut. Bahkan, dijelaskan secara lengkap pada menit berikutnya. “Ada sayang,” bunyi tulisan tersebut dengan emoticon senyum.

“Promavit, Folamil Genio, Gestiamin, Obimin Af, Folavit, Anelat,” merk obat yang ditunjukkan pada video tersebut dan muncul secara bergantian.

“Berani berbuat, berani bertanggung jawab juga sayang,” akhir tulisan dalam video.

Dilihat dari akun TikTok nya, memang @apotekpatikraja memang sebuah apotek yang menjajakan berbagai macam obat. Namun tidak diketahui secara detail dimana lokasi apotek tersebut.

Sayangnya ketika berita ini ditulis, video tersebut telah dihapus oleh pemilik akun. Namun, media ini berhasil menyimpan video tersebut.

Menggugurkan Kandungan Dalam Medis 

Sementara itu, aturan mengenai aborsi di Indonesia telah diatur dalam pasal 75 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Dalam undang-undang tersebut ditegaskan jika praktik aborsi tidak diizinkan, kecuali untuk kondisi darurat medis yang mengancam nyawa ibu atau janin, serta bagi korban perkosaan.

Ditegaskan pula jika aborsi yang dilakukan tanpa alasan medis jelas sebagai tindakan pembunuhan. Karena pembuahan yang berhasil menunjukkan adanya kehidupan baru yang dimulai, dan aborsi bisa membuat kehidupan tersebut terhenti.

Baca Juga : Hasil Test Kejiwaan Tersangka Pembunuhan di Hotel Kediri 1, Dinyatakan Tidak Ada Gangguan Jiwa

Mengutip halodoc, disebutkan jika aborsi bisa lebih berbahaya dari melahirkan. Terutama jika dilakukan di tempat ilegal dan tidak ditangani ahli yang memiliki kemampuan medis, serta peralatan yang tak menunjang. Itu sebabnya, banyak fakta mencatat jika angka kematian wanita yang aborsi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan melahirkan.

Bahaya Pil Aborsi 

Praktik aborsi menggunakan pil juga kerap ditemui. Padahal, praktik ini sangatlah berbahaya, terutama bagi remaja. Penggunaan obat aborsi berisiko tinggi terhadap kematian. Bukan hanya perdarahan saja, risiko yang didapat adalah infeksi rahim apabila proses aborsi tak bersih. Obat aborsi ini sendiri pada umumnya berisi zat kimia sejenis hormon prostaglandin yang merangsang kontraksi dari otot. 

Obat ini berisiko tinggi pada remaja karena keadaan rahim dan alat reproduksi remaja masih belum sempurna pertumbuhannya. Risiko yang didapatkan diantaranya perdarahan hebat, merobek rahim, dan bila sering menggunakan secara ilegal dapat mengakibatkan mandul lantaran rahim mengalami infeksi.

Bukan hanya itu, kondisi itu juga meningkatkan risiko terjadinya kanker rahim, bila janin gagal digugurkan akan berakibat cacat bawaan saat dilahirkan, pada kehamilan di luar kandungan dapat perdarahan dan risiko kematian sangat tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
video viral berita viral

Berita Lainnya