Manfaat Tersembunyi dari Bayam, Bagus untuk Jaga Tekanan Darah hingga Diabetes | Madura TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Manfaat Tersembunyi dari Bayam, Bagus untuk Jaga Tekanan Darah hingga Diabetes

May 16, 2022 09:09
Bayam (Foto: Dailyhunt)
Bayam (Foto: Dailyhunt)

JATIMTIMES - Tak hanya nikmat sebagai menu makanan, ternyata bayam memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Oleh sebab itu dr. Saddam Ismail menganjurkan untuk mengkonsumsi bayam sebagai makanan sehari-hari.

dr. Saddam Ismail menyebutkan bahwa bayam adalah salah satu sayuran yang dikenal sebagai sayuran rendah kalori dan kaya serat.

Baca Juga : April Nilai Tukar Nelayan Naik 1,33 Persen dan YoY Sebesar 6,16 Persen, Gubernur Khofifah Apresiasi Kinerja Nelayan dan Pelaku Usaha Perikanan

Namun untuk mengetahui manfaat lainnya dari bayam, dr. Saddam Ismail yang merupakan dokter sekaligus healthy vlogger memberi penjelasannya. Menurutnya, manfaat pertama dari bayam untuk kesehatan adalah bisa menjaga tekanan darah.

Dengan begitu, bagi orang-orang yang akan mencegah timbulnya hipertensi sangat cocok untuk mengkonsumsi bayam. Dikutip dari video di kanal YouTube Saddam Ismail, bayam ternyata mengandung kalium dan asam folat.

"Bayam tersebut mengandung kalium dan juga asam folat, yang berfungsi untuk menenangkan pembuluh darah," ujar dr. Saddam Ismail.

Sehingga dengan mengkonsumsi bayam, tubuh dan sistem kardiovaskular akan terjaga kesehatannya. Manfaat kedua dari bayam menurut dr. Saddam Ismail yakni baik untuk penglihatan karena kandungan betakaroten dan lutein yang ada di dalamnya.

"Selain bisa menyehatkan mata, mengkonsumsi bayam juga dapat mencegah mata dari gatal-gatal dan peradangan pada mata," tutur dr. Saddam Ismail.

Baca Juga : Segera Usir Hewan ini, Kata Gus Baha Jadi Penyebab Rezeki Seret dan Ibadah Penghuni Rumah Tidak Diterima Allah

Berikutnya manfaat terakhir bayam adalah dapat mengelola diabetes, karena bayam ini mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu menurunkan gula darah.

Bayam bisa juga untuk meningkatkan insulin dan menghindari oksidatif, bahkan mampu mengurangi terjadinya komplikasi pada penderita diabetes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
manfaat bayam dr saddam ismail menghindari hipertensi

Berita Lainnya