Tak Perlu Cuci Darah, Penderita Ginjal Bisa Konsumsi Minuman ini Sebagai Penggantinya | Madura TIMES

Tak Perlu Cuci Darah, Penderita Ginjal Bisa Konsumsi Minuman ini Sebagai Penggantinya

May 13, 2022 08:06
Ilustrasi (Foto: theindiaprint.com)
Ilustrasi (Foto: theindiaprint.com)

JATIMTIMES - Penyakit ginjal yang sudah parah, umumnya diatasi dengan melakukan cuci darah. Padahal menurut pakar kesehatan dr. Zaidul Akbar, ada cara lain yang bisa dilakukan agar tidak selalu cuci darah.

Adapun cara yang dimaksud dr. Zaidul Akbar agar penderita penyakit ginjal tidak selalu cuci darah yaitu dengan mengkonsumsi suatu minuman.

Baca Juga : Buka Sosialisasi dan Diseminasi Indeks Inovasi Daerah, Ini Kata Bupati Sampang

Jika sudah terserang penyakit ginjal, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya sebelum cuci darah. dr. Zaidul Akbar kali ini  mengungkap resep minuman yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti cuci darah.

Perlu diketahui bahwa gagal ginjal adalah kondisi dimana hilangnya kemampuan dari organ ginjal untuk menyaring cairan dan sisa makanan.

Oleh sebab itu, racun dan cairan berbahaya lainnya akan terkumpul dalam tubuh akibat tidak berfungsinya organ ginjal tersebut. Selain melakukan pengobatan medis, salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi gagal ginjal adalah dengan mengkonsumsi minuman herbal.

Dikutip dari video di kanal YouTube Bamol TV, dr. Zaidul akbar mengungkap minuman yang bisa mengatasi gagal ginjal.

Minuman ini dibuat dari beberapa bahan herbal seperti akar alang-alang, meniran, kumis kucing, daun sukun, jahe, dan seledri yang bisa digunakan sebagai solusi mengatasi gagal ginjal.

"Akar alang-alang, meniran, kumis kucing, daun sukun, jahe, dan seledri, udah itu buat cuci darah kan gagal ginjal," ujar dr. Zaidul Akbar.

Baca Juga : Postingan Ruhut Sitompul soal Meme Anies Pakai Baju Adat Suku Dani Berujung Laporan Polisi

Kandungan nutrisi dari beberapa bahan herbal itu dipercaya bisa mengatasi gagal ginjal. dr. Zaidul Akbar lantas menganjurkan semua bahan herbal itu untuk diseduh dan dijadikan minuman seperti teh dengan takaran yang tidak terlalu banyak.

"Dibikin kayak teh aja, dicampur gitu kan. Dalam jumlah yang tidak usah banyak-banyak juga," kata dr. Zaidul Akbar.

Dengan mengkonsumsi minuman tersebut, maka penderita penyakit ginjal dapat meminimalisir risiko untuk cuci darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dr zaidul akbar resep dr zaidul akbar resep herbal dr zaidul akbar Dunia kesehatan

Berita Lainnya