Pemecatan Tak Berlaku Seumur Hidup, dr. Terawan Ternyata Masih Bisa Jadi Anggota IDI | Madura TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pemecatan Tak Berlaku Seumur Hidup, dr. Terawan Ternyata Masih Bisa Jadi Anggota IDI

Apr 25, 2022 09:17
dr Terawan Agus (Foto: IST)
dr Terawan Agus (Foto: IST)

JATIMTIMES - Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi mengatakan bahwa dr Terawan Agus Putranto ternyata masih bisa jadi anggota IDI usai dipecat.

Ia menjelaskan pemecatan Terawan itu tidak berlaku seumur hidup. Hal tersebut disampaikan saat berbincang dengan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Baca Juga : 9 Hari Ini Tidak Dianjurkan bagi Umat Islam Berpuasa

"Jadi, mengeluarkan (Terawan) dari IDI?" tanya Andika kepada Adib, dikutip dari siaran di kanal YouTube Andika Perkasa, Senin (25/4/2022).

"Pemberhentian tetap itu tidak diartikan seumur hidup. Jadi, masih ada upaya ruang, kalau kami sampaikan masih ada ruang. Kalau beliau berkenan untuk menjadi anggota kembali, kita akan kuatkan forum secara internal," ucap Adib.

Lebih lanjut, Adib menyampaikan pihaknya harus melakukan pemecatan Terawan karena hal itu adalah sebuah amanah. Ia berkata kebijakan itu telah ditetapkan dalam Muktamar IDI beberapa waktu lalu.

Merespons hal itu, Andika lantas memastikan pihaknya siap menjalankan aturan. Ia berkata TNI akan mengikuti aturan IDI dalam menentukan posisi Terawan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

"Apa yang berpengaruh terhadap izin praktik Dokter Terawan di RSPAD kalau keanggotaan beliau tidak lagi aktif, tetapi sebagai dokter yang juga praktik di rumah sakit kami, itu juga kita akan ikut aturan," ungkap Andika.

"Siap Dokter Adib?" imbuhnya.

"Siap," kata Adib menjawab.

Seperti diketahui, IDI resmi memecat Terawan melalui Muktamar ke-31 di Banda Aceh, Aceh. Keputusan itu merujuk rekomendasi Sidang Khusus Majelis Kehormatan Etika Kedokteran (MKEK) PB IDI.

Salah satu alasan pemecatan Terawan yakni berkaitan dengan Vaksin Nusantara. Kala itu, Terawan disebut mempromosikan vaksin Nusantara meski belum selesai penelitian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
dokter terawan dr Terawan Agus Putranto

Berita Lainnya