Makam Gus Dur di Jombang Kembali Dibuka Shif Malam, Peziarah Wajib Catat Waktunya | Madura TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Makam Gus Dur di Jombang Kembali Dibuka Shif Malam, Peziarah Wajib Catat Waktunya

Apr 24, 2022 00:26
Pintu masuk ke kompleks makam Gus Dur. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Pintu masuk ke kompleks makam Gus Dur. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Makam Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur telah dibuka untuk dua  shif, pagi dan malam hari. Kendati begitu, para peziarah harus memperhatikan jam berkunjung agar bisa masuk ke area makam masyayikh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, ini.

Aturan waktu berkunjung itu berdasarkan keputusan pengasuh PP Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin melalui surat maklumat nomor 1825/1/HM 00 01/PENG/IV/2022. Di  surat tersebut dijelaskan, waktu berkunjung para peziarah ke makam masyayikh PP tebuireng bisa dilakukan pada pagi dan malam hari. Yaitu sejak pukul 08.00-15.00 WIB dan malam hari pukul 20.00-03.00 WIB. Di luar waktu tersebut, lokasi makam masyayikh PP Tebuireng ditutup bagi pengunjung.

Baca Juga : Sosok Ummu Mahjan, Marbot Perempuan Masjid Nabawi yang Dihormati Rasulullah SAW

"Melalui maklumat ini, kami informasikan kepada masyarakat umum bahwa makam Masyayikh Pesantren Tebuireng akan dibuka dua shift mulai hari Sabtu 23 April 2022," begitu isi surat maklumat yang ditandatangani oleh pengasuh PP Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz pada Sabtu (23/04/2022).

Mundzir PP Tebuireng  Lukman Hakim membenarkan surat maklumat itu. Dibukanya kembali jam malam bagi peziarah ini atas pertimbangan aktivitas santri sudah tidak ada karena libur Lebaran dan kasus covid-19 mulai melandai.

"Situasinya kita lihat sudah aman. Jadi, masyarakat kita beri kesempatan (berziarah di malam hari, red). Artinya pandeminya sudah membaik," terangnya.

Ia mengatakan, para peziarah hanya bisa masuk ke makam masyayikh pada waktu yang sudah diatur dalam surat maklumat pengasuh PP Tebuireng Jombang. Pihak pesantren tidak membatasi jumlah peziarah yang akan masuk ke kompleks makam keluarga PP Tebuireng itu.

Hanya,  para peziarah diwajibkan tetap memakai masker selama di lokasi dan tetap menjaga protokol kesehatan. "Sementara kalau pemerintah masih mengharuskan pakai prokes, terutama memakai masker, ya kita ikuti saja," kata Lukman.

Baca Juga : 9 Hari Ini Tidak Dianjurkan bagi Umat Islam Berpuasa

Untuk diketahui, di kompleks makam PP Tebuireng Jombang ini terdapat makam Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Selain itu, terdapat sejumlah makam masyayikh PP Tebuireng seperti pendiri NU yang juga kakek Gus Dur, KH hasyim Asy'ari, makam Menteri Agama  pertama yang juga ayahanda Gus Dur, KH Wahid Hasyim, dan juga adik kandung Gus Dur, KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah.

Kompleks makam masyayikh PP Tebuireng di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Jombang, ini sempat tutup dua tahun karena pandemi covid-19. Namun, pada 1 November 2021 lalu mulai dibuka untuk peziarah.

Hanya saja, waktu berziarah dibatasi pukul 08.00-13.30 WIB. Para peziarah juga dibatasi waktu berkunjung maksimal 20 menit saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Makam Gus Dur Ziarah Makam Gus Dur

Berita Lainnya