Ide Menu Sahur untuk Anak Kos, Simpel dan Bergizi  | Madura TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg
Menu Buka dan Sahur

Ide Menu Sahur untuk Anak Kos, Simpel dan Bergizi 

Apr 08, 2022 21:18
Sumber gambar : tiktok.com/@dhianlova
Sumber gambar : tiktok.com/@dhianlova

JATIMTIMES - Merantau jauh dari kampung halaman dan menjadi anak kos menuntut diri untuk jadi lebih mandiri dalam segala hal. Jika sebelumnya tak pernah memasak menu sahur sendiri, maka saat menjadi anak kos mau tidak mau memasak menjadi salah satu cara untuk menghemat dan bertahan hidup. 

Identik dengan segala sesuatu yang praktis, tentu dalam hal memasak anak kos pun selalu lebih memilih makanan yang mudah dimasak.

Baca Juga : Pesantren Ramadan Jadi Program Khusus Ponpes Al-Ibrohimy

Ada banyak sekali resep masakan yang bisa anda ikuti di kos untuk memasak menu sahur, bahan-bahan yang diperlukan pun cenderung mudah ditemukan karena dijual luas di pasaran dari supermarket, pasar tradisional hingga penjual sayur keliling. Mungkin saja saat ini bahan-bahan tersebut sedang berada di dapur kos anda. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tak mau belajar memasak sendiri.

Salah satu menu andalan anak kos yang parktis dan bergizi untuk sahur adalah nasi goreng. Mengonsumsi nasi goreng juga dipercaya dapat meredakan rasa lemas saat berpuasa dan membuat rasa kenyang dalam perut anda lebih awet. Anda hanya memerlukan bahan sederhana seperti beras, bumbu nasi goreng instan, kecap, sosis dan air. Alat yang perlu anda siapkan hanyalah rice cooker. 

Dalam sajian nasi goreng dengan bahan-bahan seperti di atas, terkandung sekitar 300 kalori, 6 gram protein, 15 gram lemak, 50 mg kolesterol, 35 gram karbohidrat, 3 gram serat, dan, 500 miligam natrium. Jumlah nutrisi ini sudah cukup untuk mencukupi asupan nutrisi Anda dalam melakukan puasa seharian.

Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini, 

  1. Siapkan beras secukupnya lalu cuci hingga bersih. Beri takaran air sesuai banyaknya beras yang anda masukkan ke dalam rice cooker. 
  2. Langkah selanjutnya adalah menambahkan satu sendok makan bumbu nasi goreng instan. Atau kalau jumlah nasi yang anda masak lebih banyak gunakan setengah bungkus bumbu nasi goreng instan.
  3. Selanjutnya, tambahkan irisan sosis dan kecap sesuai selera. 
  4. Jika semua sudah siap, anda hanya perlu menekan tombol memasak. Tunggulah hingga tombol memasak berubah menjadi tombol siap makan atau warm. 
  5. Nasi goreng praktis dan bergizi siap disajikan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
resep nasi goreng Menu Buka Puasa

Berita Lainnya