Tak Terurus, Dewan Minta Pemkot Malang Benahi Fasilitas Hutan Malabar | Madura TIMES

Tak Terurus, Dewan Minta Pemkot Malang Benahi Fasilitas Hutan Malabar

Apr 05, 2021 13:29
Anggota Komisi C DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman (kiri depan jaket abu-abu) saat melakukan kegiatan di kawasan Hutan Malabar Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Anggota Komisi C DPRD Kota Malang, Ahmad Fuad Rahman (kiri depan jaket abu-abu) saat melakukan kegiatan di kawasan Hutan Malabar Kota Malang. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Pengelolaan infrastruktur di Kota Malang disoroti legislatif. Salah satunya, pemanfaatan ruang terbuka hijau (RTH) Hutan Malabar.

Menjadi salah satu tempat yang juga kerap dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah, fasilitas di area hutan kota ini dinilai tak terurus secara maksimal.

Baca Juga : Apartemen The Kalindra, Punya Nilai Investasi Tinggi dan Cocok bagi Eksekutif Muda

 

Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Ahmad Fuad Rahman, di sela kegiatannya menyempatkan diri mengunjungi kawasan Hutan Malabar. Hadirnya hutan di wilayah perkotaan, sejatinya bisa dioptimalkan perawatannya agar lingkungan semakin asri dan segar.

"Saya sangat senang adanya hutan di tengah kota ini, tapi ini juga perlu kita rawat dengan baik. Agar masyarakat Kota Malang masih bisa menghirup udara segar, bisa melihat pemandangan yang hijau di tengah kota. Dan ada ekosistem yang harus berjalan dengan baik," ujarnya.

Karenanya, menurut Fuad, dalam hal ini perlu perhatian juga dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk terlibat dalam pelestarian fasilitas di Hutan Malabar. Seperti, perlunya pengelolaan manajemen yang baik.

 

Sebab, beberapa akses jalan di kawasan tersebut juga dilihat mengalami kerusakan. Tak hanya di luar area, tetapi di area dalam Hutan Malabar itu sendiri.

"Melihat kondisi Hutan Malabar, sepertinya perlu perhatian khusus. Karena beberapa akses jalan ada yang rusak. Perlu manajemen pengelolaan dan pemeliharaan yang baik. Sehingga kelihatan terawat, bukan hanya ada tulisan besar di depan pintu masuk, tapi di dalam juga perlu di perhatikan," imbuhnya.

Baca Juga : Latih Disabilitas, Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Dapat Bantuan Program dari USAID

 

Bahkan, diharapkan pula ke depannya, Kota Malang juga bisa menambah RTH lainnya dengan membuat hutan kota yang lebih banyak. 

Apalagi, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, setiap daerah setidaknya memiliki 20 persen RTH dari total luas wilayah yang dimiliki.

"Kita perlu perbanyak hutan kota, atau taman-taman di tengah kota, dipinggir-pinggir jalan.  Agar kehidupan kita menjadi  lebih seimbang dengan alam. Kita perlu peduli terhadap lingkungan, agar banjir tidak lagi datang menghampiri kota kita," tandasnya.

Topik
Hutan Kota Hutan Kota Malabar kondisi hutan malabar DPRD Kota Malang berita kota malang

Berita Lainnya