Tingkatkan Kualitas SDM, Pemprov Jatim Jalankan Visitasi Kepemimpinan Nasional ke-4 Daerah | Madura TIMES

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemprov Jatim Jalankan Visitasi Kepemimpinan Nasional ke-4 Daerah

Mar 25, 2021 20:23
Pengarah Widyaswara Pemprov Jawa Timur Abdul Malik (tengah, pakai batik) saat menghadiri serangkaian agenda Visitasi Kepemimpinan Nasional, Kamis (25/3/2021). (Foto: Istimewa)
Pengarah Widyaswara Pemprov Jawa Timur Abdul Malik (tengah, pakai batik) saat menghadiri serangkaian agenda Visitasi Kepemimpinan Nasional, Kamis (25/3/2021). (Foto: Istimewa)

INDONESIATIMES - Visitasi Kepemimpinan Nasional (VKN) Tingkat II Angkatan II Tahun 2021, kembali diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Dalam agenda tahunan yang telah berlangsung sejak tanggal 23 sampai dengan 27 Maret 2021 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini, para peserta diagendakan melakukan visitasi ke-4 pemerintah kabupaten dan kota.

Pengarah Widyaswara Pemprov Jawa Timur Abdul Malik menerangkan, 4 wilayah pemerintahan yang dijadikan tujuan visitasi tersebut meliputi Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul.

Baca Juga : 3 Perangkat Desa Tunggulsari Resmi Dilantik, Kades dan Camat Tekankan Pengabdian.

”Karena masih pandemi Covid-19, kegiatan visitasi ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Sedangkan jumlah pesertanya ada 60 orang yang dibagi kedalam 4 kelompok yang melakukan visitasi ke Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kulon Progo, dan Gunungkidul,” ucap Malik saat dikonfirmasi JatimTIMES.com, Kamis (25/3/2021).

Malik menyebutkan, ada beberapa tujuan utama yang diharapkan dapat direalisasikan oleh para peserta yang terlibat dalam VKN. Salah satunya adalah menumbuhkan rasa kepedulian terhadap kondisi sosial dan ekonomi yang ada ditengah masyarakat.

”Diharapkan para peserta mempunyai kepekaan dan kepedulian akan sosial ekonomi yang ada di tengah masyarakat. Sehingga bisa memberikan sumbangan pemikiran kepada beberapa pemerintah daerah kabupaten dan kota yang dituju saat Visitasi,” ungkapnya.

Selain itu, dalam agenda VKN ini, para peserta juga diharapkan memiliki pengalaman dan pembelajaran tambahan, terkait inovasi yang dilakukan saat melakukan kunjungan ke beberapa daerah kabupaten dan kota tersebut.

”Agenda ini merupakan bagian dari proses belajar mengajar sekaligus dalam rangka untuk memberikan pengalaman untuk melihat, mendalami, dan menganalisa suatu masalah yang ada pada kondisi nyata di tiap daerah. Dengan begitu diharapkan para peserta bisa memberikan alternatif solusi, misalkan memang benar ada masalah yang harus diselesaikan,” ujarnya.

Sekedar informasi, dijelaskan Malik, agenda visitasi kepemimpinan nasional ini merupakan serangkaian kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jatim. Di mana, dalam penyelenggaraannya mendapatkan pembinaan secara langsung dari instansi pembina Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (RI).

Baca Juga : Lewat Both Ini, Warga UIN Malang Bisa Sampaikan Aspirasi untuk Calon Rektor

Sementara itu, pada kegiatan yang dilaksanakan di hotel Melia Yogyakarta ini, dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah DIY Baskara Aji Kadarmanto, yang sebelumnya telah diawali dengan penyampaian maksud dan tujuan oleh Kepala BPSDM Provinsi Jatim Aries Agung Paewai.

Guna mendukung terselenggaranya acara ini, pihak terkait juga menghadirkan beberapa narasumber. Diantaranya, narasumber tentang penggalian data serta narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo. Di mana, dalam penyampaian materi tentang penggalian data dari narasumber tersebut, dilaksanakan secara virtual pada tanggal 25 Maret 2021 lalu.

”Harapannya, setelah memahami kearifan lokal, para peserta bisa memberikan rancangan inovasi dan rencana aksi melalui gagasan ide yang cocok bagi peningkatan kualitas sesuai dengan kebutuhan dimasing-masing daerah tersebut,” pungkasnya.

 

Topik
visitasi kepemimpinan nasional Pemprov Jatim Daerah Istimewa Yogyakarta

Berita Lainnya