Ketua Komisi D Bangkalan Ajak Seluruh Sekolah Naikan Gaji Guru Non PNS | Madura TIMES

Ketua Komisi D Bangkalan Ajak Seluruh Sekolah Naikan Gaji Guru Non PNS

Feb 18, 2021 19:04
Nur Hasan, ketua Komisi D DPRD Bangkalan (Foto: Imam JatimTIMES)
Nur Hasan, ketua Komisi D DPRD Bangkalan (Foto: Imam JatimTIMES)

BANGKALANTIMES - Kesejahteraan guru non Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Bangkalan, nampaknya masih jauh dari kata sejahtera. Hal itu menjadi atensi serius dari Nur Hasan Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, agar ada kenaikan gaji bagi guru Non PNS. Sebab mereka juga memiliki peran yang sama yakni mencerdaskan anak bangsa.

Oleh sebab itu, pria asal Galis ini mengajak kenaikan itu bisa dilakukan di seluruh sekolah di Bangkalan, meskipun kenaikan itu tidak di patok harus naik berapa.

Baca Juga : UIN Malang Jadi Kampus Negeri Berbasis Islam Terbaik Pertama Versi UniRank

"Intinya sekolah wajib menaikkan itu agar kesejahteraan guru non PNS juga diperhitungkan," tuturnya, Kamis (18/2/2021).

Pihaknya juga menyarankan, bahwa kenaikan itu bisa dilakukan dengan cara memperluas penggunaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sesuai dengan ketentuan Permendikbud Nomor 19 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis BOS.

"Saran kita, belanja BOS nanti dinaikan sampai 50 persen yang akan diperuntukan untuk Gaji Non PNS," ujarnya.

Selain itu, Nur Hasan juga menekankan, jika pada triwulan pertama masih ditemukan gaji guru non PNS belum naik. "Kami akan lakukan sosialisasi khusus kepada sekolah yang tidak mau menaikkan dan akan kami panggil Kepala Sekolahnya," tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan(Disdik) Bangkalan Zainul Qomar menyampaikan, sistem dan sumber pemberian gaji bagi guru, sesuai  dengan status masing-masing guru. Sebab, di Bangkalan ada guru honorer daerah dan sukwan. 

"Kalau guru PNS dari pemerintah pusat sedangkan sukwan itu dari sekolah dan honorer itu dari Pemda Bangkalan," jelasnya.

Baca Juga : Viral Artis Cantik Nissa Sabyan Dituding Pelakor, Berikut Fakta yang Terungkap

Pihaknya juga menyebutkan, jumlah guru honorer di Bangkalan cukup tinggi. "Di Bangkalan guru honorer sekitar 2.700 guru," tutupnya.

Sekedar diketahui, selama ini gaji guru non PNS di Kabupaten Bangkalan, terbilang sangat rendah sebab  hanya berkisar antara Rp200 - 250 ribu perbulan. 

 

Topik
guru non pegawai negeri sipil guru honorer bangkalan Gaji Guru Honorer DPRD Bangkalan gaji guru non pns

Berita Lainnya