Keberangkatan Haji 2021, Kemenag Sumenep Tunggu Instruksi Pusat | Madura TIMES

Keberangkatan Haji 2021, Kemenag Sumenep Tunggu Instruksi Pusat

Feb 11, 2021 12:14
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sumenep, Innani Mukarromah saat ditemui di ruang kerjanya (Foto: Ist/JatimTIMES)
Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sumenep, Innani Mukarromah saat ditemui di ruang kerjanya (Foto: Ist/JatimTIMES)

SUMENEPTIMES - Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini masih belum ada kepastian. Sebab jadwal keberangkatan juga tak ditentukan oleh pemerintah, mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Sumenep Innani Mukarromah menjelaskan, sampai saat ini belum ada instruksi atau petunjuk apapun, baik dari Kanwil Kemenag Jatim maupun Kemenag pusat.

Baca Juga : Setahun 167 Event, Ini Komposisi Seleksi Joko Roro yang Diperlukan Disparbud Kabupaten Malang

"Hingga saat ini kami masih menunggu. Sebab kami belum menerima surat resmi dari Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag pusat," ujarnya kepada media, Kamis (11/2/2021).

Karena belum ada petunjuk apapun dari pusat, Innani mengaku belum mengambil tindakan apapun terkait haji 2021. Termasuk melakukan sinkronisasi penentuan jumlah calon jamaah haji (CJH).

"Kalau sudah ada kepastian pemberangkatan, baru kita akan melakukan sosialisasi pada calon jamaah haji," ucapnya menegaskan.

Dia juga memastikan, untuk calon jamaah haji yang tertunda keberangkatannya pada tahun 2020 lalu tidak ada yang mundur, kecuali yang meninggal dunia.

Baca Juga : Pengguna Twitter Diprediksi Melambat di 2021, Ini Alasannya

"Sesuai data yang ada, CJH tahun 2020 tetap tercatat ada 670 orang, kecuali meninggal dunia," paparnya.

Pihaknya meminta jamaah tetap bersabar sembari menunggu instruksi dari pusat. Jika ada kabar terkait keberangkatan ibadah haji, ia berjanji akan langsung menindaklanjutinya.

Topik
haji 2021 ibadah haji 2021 calon jamaah haji sumenep kemenag sumenep berita haji sumenep

Berita Lainnya