Terkait Dugaan Pelanggaran Hukum dari Rekening FPI, Polisi Segera Buka-Bukaan | Madura TIMES

Terkait Dugaan Pelanggaran Hukum dari Rekening FPI, Polisi Segera Buka-Bukaan

Feb 02, 2021 08:31
Ilustrasi rekening (Foto: Karo Satu Klik)
Ilustrasi rekening (Foto: Karo Satu Klik)

INDONESIATIMES- Polisi akan segera bertindak setelah muncul dugaan pelanggaran hukum dari pemeriksaan rekening Front Pembela Islam (FPI). Diketahui, sebanyak 92 rekening FPI telah dibekukan oleh pemerintah.  

Hal itu dilakukan setelah beberapa hari FPI resmi dibubarkan pemerintah melalui Menko Polhukam Mahfud MD pada Desember 2020 lalu. Terkait pembekuan rekening itu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Bareskrim Polri telah melakukan pemeriksaan.

Baca Juga : Fakta Terbaru Kasus Carok di Kabupaten Malang

Dari hasil pemeriksaan itu PPATK dan Bareskrim Polri menguak dugaan pelanggaran hukum. Rencananya, gelar perkara kasus ini akan digelar hari ini Selasa (2/2/2021).  

"Hasil analisis dan hasil pemeriksaan atas rekening-rekening tersebut telah disampaikan kepada penyidik Polri untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kewenangannya. Berdasarkan hasil koordinasi dengan penyidik Polri, diketahui beberapa rekening yang akan ditindaklanjuti penyidik Polri dengan proses pemblokiran karena adanya dugaan perbuatan melawan hukum," kata Kepala PPATK Dian Ediana Rae, dalam keterangannya.  

Dian lantas mengatakan jika pihaknya akan terus berkoordinasi dengan penyidik Polri terkait hal ini guna menindaklanjuti dugaan perbuatan melawan hukum yang dilakukan FPI tersebut.

"PPATK masih tetap bisa melakukan fungsi intelijen keuangan berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2010 dan UU No.9 Tahun 2013 terhadap rekening-rekening itu jika di kemudian hari menerima Laporan Transaksi Keuangan yang Mencurigakan (LTKM) dan/atau sumber informasi lainnya," tambah Dian.  

Menanggapi dugaan itu, pengacara FPI, Ichwan Tuankotta pun menyebut jika PPATK terlalu berlebihan.  

Baca Juga : Menangi Kasasi, Inilah Petikan MA yang Nyatakan Terdakwa Gaguk Bebas

"Terlalu berlebihan PPATK, buka saja secara transparan. Buktikan mana yang dimaksud dengan perbuatan melawan hukumnya," ujar Ichwan.  

Ichwan menilai jika jika PPATK telah melakukan tindakan yang serampangan dengan memblokir rekening-rekening FPI.

Topik
FPI rekening FPI rekening FPI diblokir

Berita Lainnya