Usulan Syaichona Cholil sebagai Pahlawan Nasional, Ini Kata D Zawawi Imron | Madura TIMES

Usulan Syaichona Cholil sebagai Pahlawan Nasional, Ini Kata D Zawawi Imron

Jan 26, 2021 18:38
D Zawawi Imron, Budayawan Madura dengan julukan si Celurit Emas (Foto: Istimewa)
D Zawawi Imron, Budayawan Madura dengan julukan si Celurit Emas (Foto: Istimewa)

BANGKALANTIMES - Pengusulan gelar pahlawan nasional kepada Syaichona Muhammad Cholil (Mbah Cholil) mendapat respon dari budayawan asal Kota Keris Sumenep, yakni D Zawawi Imron.

Menurutnya, gelar pahlawan tersebut, sangat dibutuhkan oleh generasi penerus. Sebab, kata dia, generasi yang lain harus meneladani kepahlawanannya.

Baca Juga : FITK UIN Malang Telurkan Intelektual Muda Bergelar Doktor ke-390

"Kalau beliau tidak butuh gelar kepahlawanan itu. Melainkan kita lah yang butuh, karena kita memerlukan keteladanan beliau supaya bisa ditiru oleh generasi penerus kita," ujar Zawai Imron usai seminar nasional di Pendapa Agung Kota Bangkalan, beberapa waktu lalu.

Sebab kata Zawawi, Kiai Cholil ini sudah Waliyullah, dan sudah diakui di kalangan Islam yang moderat. Maka dari itu, jika pemerintah sudah mengakui Kiai Chilolil sebagai Pahlawan Nasional, ini berarti sudah ditempatkan pada tempat yang sebenarnya.

"Artinya tempat yang sebenarnya itu adalah dalam sejarah kepahlawanan Indonesia. Jadi ini bisa dikatakan ada upaya untuk menghidupkan nilai," ujarnya.

Adapun upaya menghidupkan nilai yang ia maksud, yakni ciri dari keguruan Kiai Cholil, yaitu tidak pernah menyuruh santrinya berbuat baik, sebelum dirinya berbuat baik.

"Dan ini bisa dicontoh oleh kiai-kiai dan mubaligh-mubaligh sekarang," lanjutnya.

Sejauh ini, santri dari Kiai Cholil sudah banyak yang menjadi Pahlawan Nasional. Salah satunya, Kiai Hasyim As'ari, Kiai Wahab Chasbulloh dan ada juga yang dari Sumatra Utara.

Baca Juga : UIN Maliki Malang Kukuhkan Tiga Guru Besar Baru Dari Fakultas Saintek

"Mereka adalah murid dari Kiai Cholil semua dan sudah menjadi pahlawan nasional semua," jelas pria yang dikenal dengan si Celurit Emas itu.

Selain itu, yang paling penting, dengan dijadikannya Syaikhona Muhammad Kholil sebagai pahlawan nasional itu, akan mempermudah generasi muda untuk mempelajari keteladanannya. 

"Karena gelar pahlawan ini, kita yang butuh. Agar generasi muda bisa meneladani sejarah keteladanan beliau," pungkasnya.

 

Topik
Zawawi Imron penyair zawawi imron si celurit emas syaichona muhammad cholil Pahlawan Nasional berita bangkalan hari ini

Berita Lainnya