Usai Salat Jumat, Ustaz Ini Deklarasikan Tentara Allah | Madura TIMES

Usai Salat Jumat, Ustaz Ini Deklarasikan Tentara Allah

Jan 05, 2021 15:17
Deklarasi Tentara Allah (Foto: tangkap layar)
Deklarasi Tentara Allah (Foto: tangkap layar)

Warga Bandung Barat digegerkan dengan aksi deklarasi jemaah Jundullah atau Tentara Allah. Deklarasi tersebut dilakukan oleh sekelompok orang di Kabupaten Bandung Barat. Tepatnya di Masjid Allah Sawang, Kampung Sasak Bubur, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas pada Jumat (1/1/2021) lalu.

Melansir melalui wawancara eksklusif Detik.com, salah satu jemaah bernama Ade Ali Syarifudin menceritakan detik-detik pembacaan deklarasi Tentara Allah yang dipimpin seorang yang diduga Ustaz bernama Erwan Sa'ad.  

Baca Juga : Hilang Setelah Salat Jumat, Kakek 79 Tahun Ditemukan Meninggal di Kolam

 

Pembacaan deklarasi itu disampaikan setelah para jemaah melakukan salat Jumat.  

Erwan yang dipanggil ustaz oleh para jemaah, lantas meminta jemaah untuk tidak beranjak dari masjid. Dirinya lantas memerintahkan jemaah untuk berdiri.  

"Ternyata setelah berdiri, ustaz Sa'ad (Erwan) membuka kertas dan langsung deklarasi soal jemaah Jundullah. Semua kaget, termasuk saya. Bahkan ada yang minta penjelasan. Katanya nanti setelah deklarasi dijelaskan sama beliau," ucap Ade.

Diketahui, saat khotbah Jumat pun tak ada tanda-tanda Erwan menyampaikan soal deklarasi tiu.  

"Dia kan datangnya seminggu sekali, pas salat Jumat. Saat khotbah kemarin tidak ada yang menjerumus ke deklarasi. Hanya membahas hadis soal semangat ibadah," tutur Ade.

Ade lantas tak menyangka dan panik setelah tahu video deklarasi itu viral di media sosial. Ia mengaku sama sekali tak mengetahui apa maksud dan tujuan dari deklarasi Tentara Allah itu.  

Lebih lanjut, Ade meminta agar Erwan bisa datang ke Kampung Sasak Bubur untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah ia perbuat.  

Baca Juga : Kisah Bu Poniran yang Rela Jadi Buruh Pijat Demi Mencukupi Kebutuhan Keluarga

 

"Dari Pak Erwan Sa'ad bilang kalau dia yang bertanggung jawab. Kemarin sudah ditelepon, tapi masih tidak datang. Inginnya jemaah, dia langsung minta maaf ke jemaah, warga, dan pemerintah," ucapnya.

Terkait peristiwa ini, pihak desa akan melakukan pembinaan terhadap jemaah.  

"Kami akan bersilaturahmi dan segera memberikan pembinaan ke warga yang jadi jemaah Tentara Allah. Tapi sejauh ini warga yang terlibat di agenda itu tidak memiliki masalah sosial dan ideologi apalagi keamanan," ungkap Kepala Desa Mekarmukti Andriawan Burhanudin.

Diketahui, pihak desa juga berusaha untuk menghubungi Erwan yang sampai saat ini belum diketahui keberadaannya. 

Video : DEKLARASI "TENTARA TUHAN", ENTAH APA MAKSUDNYA

Topik
deklarasi tentara allah tentara tuhan ustaz erwan saad deklarasi tentara tuhan di bandung berita viral video viral

Berita Lainnya