PAC IKAPMII Ganding Bakal Gelar Haul Gusdur | Madura TIMES

PAC IKAPMII Ganding Bakal Gelar Haul Gusdur

Dec 29, 2020 13:53
Pamflet kegiatan Haul Gusdur yang ke-11 oleh PAC IKAPMII Ganding, Sumenep (Ist/JatimTIMES)
Pamflet kegiatan Haul Gusdur yang ke-11 oleh PAC IKAPMII Ganding, Sumenep (Ist/JatimTIMES)

Tanggal 30 Desember 2020, tepat 11 tahun wafatnya guru bangsa KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Warga Nahdliyin di berbagai daerah menyelenggarakan Haul Gusdur yang ke-11 ini.

Pengurus Anak Cabang (PAC) Ikatan Keluarga Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (IKAPMII) Kecamatan Ganding, Kabupaten Sumenep turut ambil bagian. Haul Presiden RI ke-4 yang diselenggarakan PAC IKAPMII Ganding Sumenep ini akan dilaksanakan pada Selasa (29/12/2020) malam. Bertempat di sekretariat PAC IKAPMII setempat.

Baca Juga : Dibangun Sejak Jaman Belanda, Gereja Jago Jadi Gereja Katolik Tertua di Kabupaten Malang

Hilman selaku Pj Pelaksana menyatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengenang sosok sang guru bangsa yang juga kenal sebagai bapak pluralisme.

"Selain mempererat kekeluargaan antara warga pergerakan juga dalam rangka mempertahankan kehidupan berbangsa yang humanis, juga dalam rangka pengejewantahan Baldatun Thayyibatun Warabbun Ghafur atau masyarakat Ganding yang mutamaddin," kata dia.

"Kegiatan ini, nanti akan dimulai dengan tawasul dan tahlil, kemudian dilanjut dengan cerita Gus Dur yang akan diselingi dengan gambus Syifa El Qalby," tambah Hilman yang juga wartawan senior di Sumenep.

Sementara itu, Ketua PAC IKAPMII Ganding Moh. Rusydi, mengatakan, besarnya jasa Gus Dur untuk agama Islam, bangsa dan negara ini, utamanya bagi warga Nahdliyyin patut dikenang dan diteladani.

"Pemikiran Gusdur ini harus terus di perjuangkan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih oleh kader-kader muda Nahdliyin (kader PMII). Sebab sebagai warga pergerakan yang menganut paham Ahlusunnah Waljama’ah tidak lepas dari 3 komitmen, yakni ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniah, dan ukhuwah wathaniyah," terang Rusydi.

Baca Juga : Gereja Jago Lawang Atur Jemaat untuk Gelar Misa Natal Menggunakan Kartu

Menurut dia, Gusdur dikenang bukan hanya karena beliau pernah menjabat sebagai presiden RI. Namun lantaran sikap, pemikiran dan perilakunya bisa diterima oleh semua kalangan, termasuk tokoh agama non muslim.

"Sikap toleransinya tidak hanya diakui oleh warga Muslim, tapi warga dan tokoh non muslim juga mengakuinya. Itu hebatnya sosok Gusdur yang patut kita teladani bersama," tegasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Haul Akbar Gus Dur tersebut nantinya juga akan dihadiri oleh semua tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga instansi pemerintah. Selain itu, semua kader PMII, pengurus NU Ganding serta semua Banom dan lembaganya juga akan turut memeriahkan.

Topik
Haul Gus Dur ikapmii kecamatan ganding berita kabupaten sumenep

Berita Lainnya