BPBD Bangkalan: Waspada Jelang Puncak Musim Hujan 2020 hingga 2021 | Madura TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

BPBD Bangkalan: Waspada Jelang Puncak Musim Hujan 2020 hingga 2021

Dec 09, 2020 15:41
Dua potret kejadian bencana di Kabupaten Bangkalan (Foto: Istimewa)
Dua potret kejadian bencana di Kabupaten Bangkalan (Foto: Istimewa)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan kembali berikan warning terhadap masyarakat untuk lebih waspada terhadap terjadinya cuaca ekstrim. Sebab, berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadinya curah hujan akan berlangsung hingga Bulan April 2021 mendatang.

"Anomali iklim La Nina terpantau masih berlangsung di Samudera Pasifik dengan intensitas level moderat. Suhu muka laut Samudera Pasifik bagian tengah daerah Nino 3.4 menunjukkan anomali sebesar -1.4°C," jelas Rizal Morris kepada BangkalanTIMES.com saat dihubungi, Rabu (9/12/2020).

Baca Juga : Potensi Cuaca Ektrem di Bangkalan Diprediksi Akan Terjadi Sepekan Kedepan

Sehingga, menurut Rizal sapaan lekatnya itu, perkembangan saat ini menunjukkan Intensitas La Nina moderat yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada periode Januari hingga Maret 2021, dan kemudian akan melemah pada bulan Mei 2021.

"Musim hujan di sebagian besar wilayah di Indonesia diprediksikan akan berlangsung hingga bulan April 2021," ujar dia.

Akibat dari itu, Rizal mengimbau kepada masyarakat Bangkalan untuk meningkatkan kewaspadaan. Sebab, menurut prediksi, Bangkalan akan mendapatkan akumulasi curah hujan dengan kriteria tinggi, yakni pada bulan Desember 2020 hingga Januari 2021.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat dan pihak-pihak terkait di Kabupaten Bangkalan, khususnya kepada Camat ataupun masyarakat yang wilayahnya berpotensi mendapatkan curah hujan tinggi agar mewaspadai adanya ancaman bencana hidrometeorologi.

"Seperti banjir, longsor dan banjir bandang. Serta diminta terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG atau BPBD Bangkalan," pungkasnya.

Sekedar diketahui, akibat angin kencang disertai hujan sedang, kemarin sore, telah terjadi pohon tumbang di Bangkalan Kota tepatnya di Jl. KH. Moh Cholil, menimpa mobil, beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa.

Baca Juga : Luapan Air Meningkat Akibat Curah Hujan Tinggi, BMKG Jelaskan Fenomena Ini

Selanjutnya, pagi tadi terjadi pohon tumbang hingga melumpuhkan akses di jalan raya Klampis. Beruntungnya dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa, melainkan hanya terjadi kelumpuhan akses.

Berangkat dari kejadian itu, BPBD mengimbau masyarakat Bangkalan untuk terus mewaspadai terjadinya cuaca ekstrim di Kabupaten Bangkalan. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Musim Hujan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bencana hidrometerologi berita bangkalan BPBD Kabupaten Bangkalan

Berita Lainnya