Kondisi bayi di dalam kardus sewaktu ditemukan warga di dekat Puskesmas Gapura, Sumenep (Foto: Ist/JatimTIMES)
Kondisi bayi di dalam kardus sewaktu ditemukan warga di dekat Puskesmas Gapura, Sumenep (Foto: Ist/JatimTIMES)

Warga Desa Gapura Barat, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur digegerkan dengan penemuan sesosok bayi laki-laki, Jumat (18/9/2020) sekitar pukul 08.00 WIB.

Kardus berisi bayi ditemukan Ny Ibrahim, warga setempat saat hendak pulang mencari rumput dari tegalan miliknya yang tak jauh dari Puskesmas Gapura, Sumenep.

Baca Juga : 3 Jam Operasi Yustisi di Kota Batu Jumlah Denda Terkumpul Rp 1,25 Juta

Saat ditemukan, bayi tersebut dalam kondisi hidup, sedangkan tali pusarnya sudah diputus dan hanya tersisa sedikit. Diduga, bayi tersebut sengaja dibuang oleh orang tuanya.

Camat Gapura Abd. Kahir membenarkan adanya penemuan bayi di wilayahnya. Saat ini, kata dia, bayi itu tengah ditangani Puskesmas Gapura untuk menjalani perawatan.

"Ya betul, (bayi itu) ditemukan Ny Ibrahim penduduk Desa Gapura Tengah dari cari rumput," ungkapnya saat dikonfirmasi media melalui sambungan telpon selulernya, Jumat (18/9/2020).

Menurut Kahir, saat ditemukan warga, kondisi bayi tersebut sehat dan tidak ada kelainan. "Bayinya laki-laki, berat badan 2,8 ons, tinggi 48 cm dan lingkar kepala 33 cm," pungkasnya.

Baca Juga : Tim Pemburu Pelanggar Prokes Covid-19 Kota Probolinggo Siap Gerilya

Saat ini polisi masih menyelidiki orang yang tega membuang bayi tersebut. Keterangan dari sejumlah saksi mata di lokasi penemuannya sedang dikumpulkan.