09/12/2022 Atasi Kekeringan, Pemkab Bangkalan Distribusikan Air Bersih | Madura TIMES

Atasi Kekeringan, Pemkab Bangkalan Distribusikan Air Bersih

Aug 31, 2020 19:21
Tampak, Bupati Bangkalan Saat berangkatkan empat armada bantuan air bersih di-halaman Pendopo Bangkalan (foto/ bangkalantimes.com)
Tampak, Bupati Bangkalan Saat berangkatkan empat armada bantuan air bersih di-halaman Pendopo Bangkalan (foto/ bangkalantimes.com)

Pewarta: Imam Faikli | Editor: A Yahya

BANGKALAN - Kekeringan menjadi masalah klasik di Kabupaten ujung barat Madura, Jawa Timur. Sesuai data yang diketahui oleh Bangkalantimes.com, ada 85 desa di 13 kecamatan yang berpotensi mengalami kekeringan pada tahun ini. 

Sesuai dengan data tersebut, kali ini pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mendistribusikan air bersih ke sejumlah daerah yang mengalami kekeringan. Bupati Bangkalan, R. Abdul Latif Amin Imron menyampaikan, hari ini Pemkab Bangkalan distribusikan air bersih terhadap daerah-daerah yang mengalami kekeringan. "Distribusi air ini dilakukan sebagai bentuk respons Pemkab Bangkalan pada musim kemarau ini," ujarnya, Senin (31/08/2020). 

Baca Juga : Warga Tolak Pengaktifan IPLT, Ini Langkah PUPR Tulungagung

Ra Latif menyebutkan, ada empat armada yang diberangkatkan hari ini yakni desa Mandung, Kecamatan Kokop dua tangki, dan desa Padurungan serta Desa Paneleh, Kecamatan Tanah Merah. "Selanjutnya akan kita distribusikan ke daerah yang lain," kata dia.

Ke depan kata Ra Latif, pihaknya meminta terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi agar kekeringan di Bangkalan tidak semakin meluas. "Karena saat ini pemkab Bangkalan juga sedang menangani bencana non alam (covid-19)," imbuhnya. 

Dengan dimulainya pendistribusian air bersih itu, pihaknya menyatakan bahwa Bangkalan berada dalam status tanggap darurat bencana alam kekeringan. "Mudah-mudahan bencana ini tidak berkepanjangan, sehingga tidak merambat ke sektor-sektor yang lain," tutup Ra Latif. 

Sementara itu, Kepala BPBD Bangkalan, Rizal Morris mengatakan, saat ini pihaknya mengaku, pasca refocusing anggarannya tersisa Rp 100 juta. "Jika tidak mencukupi, kami sudah berkoordinasi dengan BPBD Jatim dan akan dibantu oleh provinsi," ungkapnya. 

Baca Juga : Angin Kencang di Yogyakarta sampai Besok, Waspada Ombak Tinggi

Selain sisa anggaran Rp 100 juta itu, pihaknya mengaku ada anggaran Rp 75 juta dari dinas sosial untuk pendistribusian air bersih. "Air bersih itu nanti akan didistribusikan kepada 85 desa itu, 69 desa kering kritis dan 16 desa kering langka," kata Rizal. 

Diketahui, untuk mendapatkan air bersih itu, desa atau kecamatan harus melaporkan dan mengajukan terlebih dahulu. Agar pemerintah mengetahui daerah mana saja yang sudah mengalami kekeringan dan membutuhkan bantuan.

Judul berita Atasi Kekeringan, Pemkab Bangkalan Distribusikan Air Bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kekeringan Bangkalan Bupati Bangkalan

Berita Lainnya