Wacana Pembentukan Madura Provinsi Kembali Dibahas, PNP3M Datangi Kantor DPRD Pamekasan | Madura TIMES

Wacana Pembentukan Madura Provinsi Kembali Dibahas, PNP3M Datangi Kantor DPRD Pamekasan

Aug 27, 2020 14:56
Sejumlah Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (PNP3M) datangi kantor DPRD Kabupaten Pamekasan
Sejumlah Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (PNP3M) datangi kantor DPRD Kabupaten Pamekasan

Rencana pembentukan Provinsi Madura kembali dibahas. Hal ini terlihat dari kunjungan sejumlah Panitia Nasional Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (PNP3M) ke kantor DPRD Kabupaten Pamekasan. Kamis (27/08/2020).

Meski sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) telah menolak permohonan uji materi terhadap Pasal syarat pemekaran wilayah yang tertera dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat untuk mewujudkan cita-cita Madura menjadi Provinsi.

Baca Juga : Optimalkan Pemungutan Pajak, Wali Kota Kediri Tanda Tangani Perjanjian dengan DJP dan DJPK

Dalam hal tersebut pembentukan provinsi hanya dapat dilakukan di wilayah yang mencakup sedikitnya lima kabupaten atau kota. Sedangkan Pulau Madura hingga kini hanya meliputi empat kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

"Ini makanya, Pamekasan akan menambah satu kabupaten Lagi," kata Achmad Zaini selaku Ketua PNP3M.

Ia mengatakan, kehadiran pihaknya ke kantor DPRD Pamekasan dalam rangka meminta dukungan legislatif untuk mensukseskan pemekaran Pamekasan demi terwujudnya cita-cita Madura Provinsi.

"Saat ini kota yang paling siap mendukung untuk dimekarkan agar Madura bisa segera menjadi provinsi adalah Pamekasan,"tambahnya.

Selain itu kata Zaini, Pamekasan juga sebagai kabupaten yang sejak zaman dahulu menjadi lokasi berdirinya Bakorwil di Madura dan menjadi sentral Madura sejak zaman penjajahan.

Baca Juga : Teken PKS Bersama Kemenkeu, Bapenda Kota Malang Siap Integrasikan Data dengan Pusat

Sementara itu, Ketua DPRD Pamekasan, Fathorrahman menyambut baik dengan adanya wacana kembali perihal pembentukan Madura yang akan dijadikan Provinsi.

Namun sebelum itu, persiapan pemekaran kabupaten harus dipersiapkan terlebih dahulu. Mulai dari yang paling bawah, meliputi pemekaran desa, kelurahan, kecamatan dan kabupaten.

"Dalam waktu dekat kita akan membentuk Pansus terkait persiapan pemekaran desa, kelurahan dan kecamatan, agar rencana Madura menjadi Provinsi bisa terlaksana dengan baik," tutupnya.

Topik
Berita Hari Ini DPRD Pamekasan Pembentukan Provinsi Madura Mahkamah Konsttitusi

Berita Lainnya