Selain Tilik, Film Ora Srawung Mati Suwung juga Dapat Nominasi Festival Internasional | Madura TIMES

Selain Tilik, Film Ora Srawung Mati Suwung juga Dapat Nominasi Festival Internasional

Aug 22, 2020 19:03
Film Ora Srawung Mati Suwung (Foto: Istimewa)
Film Ora Srawung Mati Suwung (Foto: Istimewa)

Sebuah karya anak bangsa, tentunya patut untuk diapresiasi.  Salah satunya yakni karya sebuah film, seperti "Ora Srawung, Mati Suwung" atau "A Closed Mouth Catches No Flies".  

Film Ora Srawung, Mati Suwung ini diproduksi oleh Hisstory Films yang disutradarai Destian Rendra Pratama.  

Baca Juga : Selain Tilik, Film Ora Srawung Mati Suwung juga Dapat Nominasi Festival Internasional

Sementara sebagai penulis naskah ialah wartawan MalangTIMES (Jatim Times Network) Imarotul Izzah. Film ini berkisah tentang bagaimana kehidupan masyarakat sehari-hari yang sangat kental dengan budaya Jawa.  

Dikatakan oleh penulis naskah Ima, dalam film ini ingin diperlihatkan bahwa terkadang budaya rasan-rasan, meski di sisi lain dapat mempererat dan mengakrabkan hubungan dengan suatu kelompok atau kita anggap sebagai hal yang sepele, bisa berakibat menghancurkan kehidupan seseorang. "Namun, tentu saja pemaknaan akan film bisa berbeda-beda, bebas ditentukan oleh penonton sesuai dengan pengalaman dan interpretasi mereka sendiri,"ujar Ima.  

Pendapat berbeda rupanya disampaikan oleh sang sutradara Rendra.  Ia justru menangkap jika film ini memperlihatkan sekaligus menyindir tentang suatu budaya/kebiasaan dalam masyarakat yang terkadang digunakan sebagai pembenaran untuk memuaskan nafsu pribadi mereka.

"Pandangan dalam masyarakat, srawung itu adalah hal yang positif. Maka orang akan cenderung melakukan hal itu tanpa melihat sisi negatifnya. Padahal aku percaya bahwa sesuatu yang berlebihan itu sebenarnya nggak baik. Sedangkan kebanyakan orang enggak peduli hal itu, ketika sesuatu hal yang dicap baik maka akan baik seluruhnya," paparnya.

Tak hanya film Ora Srawung, Mati Suwung saja, film pendek yang saat ini tengah hangat dipebincangkan ialah Tilik.  Film pendek Tilik ini juga sama-sama membahas bagaimana kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa.  

Di film Tilik ada sosok yang sukses mencuri perhatian penonton yakni karakter Bu Tejo.  Bahkan tagar #Bu Tejo sempat menjadi trending topic di Twitter pada Kamis (20/8/2020). Film yang digarap oleh Ravacana Films pada tahun 2018 ini ternyata sudah beberapa kali mengikuti ajang penghargaan film lokal maupun internasional.  

Baca Juga : Film Pendek Tilik Trending, Pemeran Bu Tejo Ucapkan Terima Kasih: Sampai Ndredeg!

Film Tilik mendapat penghargaan sebagai Film Terpilih di ajang film bergengsi Piala Maya 2018.  Sementara di ajang film internasional Tilik masuk dalam dua nominasi yakni Official Selection Jogja-Netpac Asian Film Festival pada 2018 dan Official Selection World Cinema Amsterdam 2019.

Namun, sayangnya di tahun ini Tilik tidak berkesempatan untuk mengikuti ajang film internasional.  Kesempatan itu rupanya berhasil disabet oleh film Ora Srawung, Mati Suwung.  

Film tersebut dikabarkan masuk dalam official selection dua festival film internasional sekaligus. Dua festival film tersebut adalah Bali International Film Festival (aka Balinale) 2021 pada Mei 2021 dan SeaShorts Film Festival 2020 yang akan diputas sekitar September 2020.

Topik
film pendek film tilik Ora Srawung, Mati Suwung film ora srawung mati suwung

Berita Lainnya