Menteri Retno Marsudi Tegaskan Perempuan Garda Terdepan Penanganan Covid-19 | Madura TIMES

Menteri Retno Marsudi Tegaskan Perempuan Garda Terdepan Penanganan Covid-19

Apr 17, 2020 18:27
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: IG retno_marsudi)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: IG retno_marsudi)

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan mengenai peran penting perempuan untuk penanganan wabah virus corona atau covid-19.  

Dikatakan Retno Marsudi, meski lebih rentan terpapar virus corona, perempuan justru memiliki peran penting dan menjadi bagian dari solusi serta ujung tombak dalam ketahanan ekonomi dan sosial masyarakat.  

Retno menyampaikan bahwa harus diingat 70 persen tenaga medis global merupakan perempuan.  Sehingga perempuan justru berada di garda depan dalam penanganan pasien corona.  

Ia lantas menjelaskan setidaknya ada 60 persen UMKM di Indonesia yang memproduksi masker, baju pelindung, dan hand sanitizer. Produksinya juga dilakukan oleh perempuan.  

Dengan demikian, bisa dikatakan  perempuan sudah menciptakan lapangan kerja dan secara bersamaan menjamin ketersediaan alat kesehatan bagi tenaga medis.  

Di sisi lain, Retno mengatakan peran perempuan semakin signifikan saat work from home (WFH) atau stay at home.  Perempuan menjadi aktor yang bisa mendidik komunitas untuk mengambil langkah preventif untuk menekan penyebaran covid-19.  

Lebih lanjut, Retno mengingatkan pemerintah dari seluruh negara untuk memperhatikan kebutuhan dan peran perempuan dalam berbagai intervensi dan kebijakan saat wabah corona ini.  

Perlu diketahui, Retno menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan virtual bersama delapan menteri luar negeri perempuan dari berbagai negara pada Kamis (16/4/2020).  Dalam pertemuan itu, mereka membahas dampak pandemi corona terhadap kaum perempuan.  

Kedepalan menlu perempaun itu yakni Marise Payne (Australia), Alexandra Hill Tinoco (El Salvador), Kamina Johnson-Smith (Jamaika), Raychelle Omamo (Kenya), Claudia Blum (Kolombia), Kang Kyung-wha (Korea Selatan), Maria Arancha Gonzalez Laya (Spanyol) dan Ann Linde (Swedia).

 

Topik
Malang Berita Malang Berita Hari Ini pandemi covid19 Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Tegaskan Perempuan Garda Terdepan work from home stay at home

Berita Lainnya