Bupati Lumajang Sentil Rentenir Berkedok Koperasi | Madura TIMES

Bupati Lumajang Sentil Rentenir Berkedok Koperasi

Apr 16, 2020 15:22
Bupati Lumajang dalam konferensi pers  malam ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Bupati Lumajang dalam konferensi pers malam ini (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Ditengah wabah Corona yang sekarang menimbulkan banyak kesulitan bagi masyarakat, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq meminta kepada koperasi di Lumajang untuk menunda pembayaran angsuran pinjaman modal.

Namun disisi lain Bupati Lumajang melihat ada sejumlah koperasi yang pendirian dan operasionalnya tidak sesuai dengan mekanisme koperasi. 

"Kalau yang pinjam anggotanya sendiri, saya kira mereka bisa mengerti kalau diminta melakukan penundaan. Kalau sampai mengejar penagihan kepada masyarakat yang meminjam, anda ini bertanggungjawab kepada siapa. Bukankan pertanggungjawabannya kepada anggota dan modalnya juga dari anggota," kata Bupati Lumajang, dalam konferensi pers yang berlangsung pada hari ini, Kamis (16/4) di Pemkab Lumajang.

Bupati Lumajang kemudian menengarai ada sejumlah lembaga yang dimiliki oleh perorangan dan dimodali sendiri oleh perorangan itu dengan kedok koperasi.

"Saya mendapatkan banyak laporan dan masukan dari masyarakat, bahwa banyak koperasi yang melakukan pelanggaran. Kalau ada yang keliling menawarkan pinjaman dan tidak menjadikan (peminjamnya) sebagai anggota atau calon anggota koperasi, maka ini adalah pelanggaran, dan ini yang akan saya tindak," tegas Bupati Lumajang.

Bupati Lumajang bahkan menyebut, jika mekanisme operasionalnya tidak sesuai dengan kaidah koperasi, maka sebenarnya koperasi itu bisa disebut rentenir dan lintah darat.

"Saya akan bertanya kepada pengelola koperasi, jika modelnya seperti ini maka anda sebernarnya anda bukan koperas, anda adalah rentenir yang berkedok koperasi, anda adalah lintah darat yang berkedok koperasi. Kalau ada yang begini, maka inilah yang nanti akan saya tindak," tukas Bupati Lumajang kemudian.

Topik
lumajang Berita Lumajang Bupati Lumajang Sentil Rentenir Berkedok Koperasi Ditengah wabah Corona Bupati Lumajang H.Thoriqul Haq Pemkab Lumajang

Berita Lainnya