Ibadah Haji 2020 Bakal Ditunda Akibat Covid-19? | Madura TIMES

Ibadah Haji 2020 Bakal Ditunda Akibat Covid-19?

Apr 16, 2020 09:36
Ibadah Haji (Foto:  Islamic Help)
Ibadah Haji (Foto: Islamic Help)

Haji merupakan salah satu ibadah yang paling ditunggu oleh umat muslim.

Baca Juga : BREAKING NEWS Ibunda Gus Baha Berpulang ke Rahmatullah

 

Sayangnya, Ibadah Haji 2020 hingga kini belum mendapat kepastian apakah bisa tetap dilaksanakan atau tidak karena dampak Covid-19.

Terkait hal itu, Kementerian Agama mengusulkan Ibadah Haji 2020 ditunda jika masih belum ada keputusan dari Kerajaan Arab Saudi hingga akhir Mei nanti.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR pada Rabu (15/4/2020).

Dikatakan oleh Nizar jika Kementerian membutuhkan cukup waktu untuk mempersiapkan keberangkatan jemaah haji pada akhir Juli.

Ia juga meminta setidaknya ada waktu 25 hari dari keputusan hingga keberangkatan haji ke Tanah Suci dilakukan.

Selain itu, Nizar juga menyampaikan jika hotel-hotel bintang lima di Mekah saat ini juga digunakan warga Arab Saudi untuk karantina.

Baca Juga : Kisah Penulis Wahyu yang Murtad dan Lolos dari Titah Bunuh Rasulullah

 

Bahkan, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga memperkirakan umrah Ramadan ditiadakan.

Sementara Kementerian Agama Islam Saudi sudah mengeluarkan edaran untuk masyarakat Mekah melakukan salat tarawih di rumah masing-masing.

Lebih lanjut, Nizar menyarakan agar Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah bisa melakukan penjadwalan ulang jika sudah ada masyarakat yang mendaftar umrah di bulan Ramadan.

Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi telah menyiapkan tiga skenario untuk ibadah haji di tengah wabah Covid-19 ini.

Yakni tetap haji dengan asumsi serangan Coronavirus mereda, kedua tetap haji tapi kuota dikurangi setengah, ketiga haji ditiadakan.

Topik
Malang Berita Malang berita malang hari ini Ibadah Haji 2020 Dampak Covid 19 ibadah haji ditunda Kementerian Agama Nizar Ali

Berita Lainnya