Pak Kades Ajukan Penangguhan Penahanan, Istri Jadi Jaminan | Madura TIMES

Pak Kades Ajukan Penangguhan Penahanan, Istri Jadi Jaminan

Jul 17, 2018 14:17
Mohamad Syaeroji di Mapolres Tulungagung. (foto : Joko Pramono/TulungagungTimes)
Mohamad Syaeroji di Mapolres Tulungagung. (foto : Joko Pramono/TulungagungTimes)

 Penahanan terhadap Kades Sumberingin Kulon Suprapto memasuki babak baru. Pihak penasihat hukumnya mengajukan penangguhan penahanan kepada Polres Tulungagung. 
Mohamad Syaeroji, penasihat hukum Suprapto, beralasan kliennya masih menjabat sebagai kades dan masih dibutuhkan oleh warga. "Suprapto kan masih menjabat sebagai kades dan masih dibutuhkan oleh warga," ujar Mohamad Syaeroji saat ditemui awak media di Mapolres Tulungagung siang tadi, Selasa (17/7).
Untuk penangguhan penahanan ini, istri Suprapto menjadi jaminan. "Jaminan ya istri dari beliau (Suprapto-red)," imbuh Syaeroji.
Sebelumnya, unit tindak pidana korupsi (tipikor) akhirnya menahan kapala desa Sumberingin Kulon setelah melakukan pemeriksaan maraton pasca-ditetapkan sebagai tersangka. Sebelum dilakukan penahanan, polisi memeriksa Suprapto sejak pukul 10.00. 
"Benar, setelah kami lakukan pemeriksaan dan memenuhi unsur, maka malam hari ini kita lakukan penahanan terhadap tersangka," Kata Kapolres Tulungagung AKBP Tofik Sukendar melalui Kanit Tipikor Iptu Andik Prastyo 
Penahanan Suprapto selain memenuhi unsur juga untuk mencegah yang bersangkutan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti. Namun, Andik enggan menyebutkan nilai kerugian yang dilakukan tersangka Suprapto, Menurut dia, hal tersebut akan diungkap setelah semua siap diajukan pada tahap berikutnya.
"Yang jelas memenuhi unsur yakni menyalahgunakan wewenang dan  memperkaya diri dengan tindakan yang dilakukan telah merugikan keuangan negara," ucapnya. 
Adapun besaran anggaran DD (dana desa) yang diterima Desa Sumberingin Kulon pada 2015 yakni sebesar Rp 264.257.177 dan ADD sebesar Rp 419.400.000. Sedangkan DD pada 2016 sebesar Rp 596.185.000 dan ADD Rp 398.700.000. (*)

Topik
kades ditahan Korupsi Penangguhan Penahanan

Berita Lainnya