H-1, Parpol Kota Blitar Belum Daftar Caleg ke KPU | Madura TIMES

H-1, Parpol Kota Blitar Belum Daftar Caleg ke KPU

Jul 16, 2018 14:12
Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono. (Foto:Meidian Dona Doni/BlitarTIMES)
Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono. (Foto:Meidian Dona Doni/BlitarTIMES)

Pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) sudah memasuki hari-hari terakhir pendaftaran. Meski demikian, di Kota Blitar belum ada satu partai pun yang mendaftarkan bacalegnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar Setyo Budiono mengatakan, dari pantauannya pada H-1 Senin (16/7/2018) pukul 13.00, belum ada partai yang resmi mendaftarkan calonnya. “Belum ada sama sekali. Kalau parpol sudah banyak yang datang, tapi hanya sekadar konsultasi,” ujarnya.

Menurut dia, persyaratan caleg masih tidak jauh beda dengan persyaratan tahun lalu. Dan persyaratannya tidak begitu sulit dipenuhi.

“Ya hampir sama seperti orang mendaftar kerja. Kalau daftarnya lebih awal. nanti kalau ada kurang dokumen, bisa kami beri tahu dan tidak tergesa-gesa,” katanya.

Setyo memperkirakan parpol-parpol akan berdatangan mendaftar pada hari terakhir yang jatuh pada Selasa (17/7/2018) besok.

Dia mengharap parpol bisa segera mendaftar. Sebab, bila sudah kelewat jadwal, dianggap tidak mendaftar. Dan tidak akan ada perpanjangan waktu karena sudah diatur langsung oleh KPU RI.

“Besok (Selasa) pastinya banyak yang mendaftar. Besok kan terakhir. Kalau tetap tidak mendaftarkan, kami anggap tidal mendaftarkan calonnya,” ujar dia.

Kota Blitar membutuhkan sebanyak 25 kursi di parlemen. Jumlah 25 kursi ini terbagi di tiga dapil sebanyak 3 kecamatan di Kota Blitar. (*)

Topik
KPU Kota Blitar Setyo Budiono Parpol Pendaftaran Caleg

Berita Lainnya