Bom Seberat 70 Kilogram Ditemukan di Tengah Proyek Pemprov Jatim | Madura TIMES

Bom Seberat 70 Kilogram Ditemukan di Tengah Proyek Pemprov Jatim

May 25, 2018 18:06
Mortir Yang Ditemukan Oleh Pekerja Proyek Pelebaran Jalan Masih Dipolice Line. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)
Mortir Yang Ditemukan Oleh Pekerja Proyek Pelebaran Jalan Masih Dipolice Line. (Foto : Adi Rosul / JombangTIMES)

 Sebuah bom dengan berat 70 kilogram ditemukan di tengah proyek milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Untuk proses evakuasi bom, pihak Polsek Kudu Polres Jombang masih menunggu Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Jatim.

Bom berukuran panjang 83 sentimeter dengan diameter 2,5 sentimeter ini, menurut Kapolsek Kudu, AKP Ilyas pertama kali ditemukan oleh seorang pekerja proyek peleberan jalan provinsi di Desa Tapen, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang pada, Jumat (25/5) sekitar pukul 09.30 WIB.

"Jadi ini tadi ditemukan pertama kali oleh petugas pekerja proyek pelebaran jalan saat melakukan penggalian," ungkap AKP Ilyas.

Kapolsek Kudu menuturkan bahwa jenis bom yang diketemukan di lokasi proyek Pemprov Jatim ini merupakan jenis mortir. Saat ini, mortir yang ditemukan itu masih menunggu Satuan Brimob Polda Jatim untuk dilakukan evakuasi. "Ini jenis mortir. Nanti akan dibawa Brimob Polda, kita masih menunggu. Tadi sudah saya hubungi," tandasnya.

Sedangkan saat disinggung mengenai asal bom tersebut, AKP Ilyas belum bisa memastikan mortir yang sudah dalam kondisi berkarat tersebut berasal dari peninggalan zaman peperangan atau bukan. Sementara, pihak kepolisian Polsek Kudu masih menunggu kedatangan tim Satuan Brimob untuk memastikannya. "Masalah peninggalan perang atau apa dan kapan, saya belum tau. Yang jelas sudah karatan," ujarnya.

Sementara, Bayu (21) salah satu pengawas proyek pelebaran jalan menjelaskan bahwa, bom yang diketemukan oleh salah satu karyawannya itu ditemukan saat menggali tanah di kedalaman 60 sentimeter. "Tadi dikira hanya bongkahan, dan dibuang kesana (di selokan, red) ternyata mortir. Lalu saya lapor ke polisi," pungkas Bayu menjelaskan.(*)

Topik
berita jombang Penemuan Bom polsek kudu Polres Jombang

Berita Lainnya