Pengguna Poetri Meningkat, RSUD Beri Reward Lewat Undian | Madura TIMES

Pengguna Poetri Meningkat, RSUD Beri Reward Lewat Undian

May 18, 2018 18:39
Muhammad Rifa'i (kiri, batik merah) saat penyerahan hadiah undian pada salah satu pemenang (foto : Joko Pramono/Jatim Times)
Muhammad Rifa'i (kiri, batik merah) saat penyerahan hadiah undian pada salah satu pemenang (foto : Joko Pramono/Jatim Times)

Layanan Poetri atau Pelayanan Online Tanpa Antri miik RSUD Dr. Iskak Tulungagung mulai diminati warga Tulungagung. Buktinya, saat ini sekitar 30% pasien yang berkunjung ke RS kebanggaan masyarakat Tulungagung itu sudah beralih menggunakan Poetri.

“30 % pasian yang berkunjung ke RSUD sudah menggunakan Poetri,” ujar Direktur RSUD Dr.Iskak Tulungagung melalui Humasnya, Muhammad Rifa’i pada acara pembagian hadiah pengguna Poetri di RSUD Dr. Iskak, Jum’at (18/5).

Saat ini setiap harinya rumah sakit plat merah milik pemkab Tulungagung itu melayani 7.00-1.000 kunjungan perharinya.

Untuk lebih menarik minat pasien agar memanfaatkan Poetri, RSUD Dr. Iskak memberikan hadiah bagi pengguna Poetri dengan cara diundi. Ada puluhan hadiah dibagikan pada pengundian itu. Dengan hadiah utama sepeda gunung dan puluhan doorprize, acara pengundian itu berjalan meriah.

Pengundian yang dilakukan kali ini merupkan pengundian pertama dari 2 kali pengundian yang direncanakan.

“Ini yang pertama, untuk yang kedua nantinya akan kita lakukan bertepatan dengan HUT RSUD Dr.Iskak pada bulan November nanti,” ujar pria yang akrab disapa Rifa’i itu lebih lanjut.

Meski sempat mundur dari jadwal yang direncanakan, namun hal itu tak mengurangi kemeriahan jalanya kegiatan itu.

“Rencananya pada April lalu namun karena ada akreditasi maka diundur hingga Mei ini,” ujarnya lebih lanjut.

Dengan menggunakan Poetri, pasien tidak perlu antri lama untuk mendapat nomer antrian untuk periksa di poli. Pasien hanya perlu menulis atau mengetik daftar#nomor rekam medik#nama pasien#poli tujuan#kepesertaan dan mengirimkan ke nomor 082333553066, pasien akan secara otomatis masuk ke dalam sistem reservasi.

Selanjutnya petugas rumah sakit akan mengirimkan SMS balasan yang berisi penjelasan teknis apa yang harus dilakukan pasien berikutnya. "Pengiriman SMS ini harus H-1 layanan," terang Rifa'i.

Dalam program yang terintegrasi ini, banyak hal bisa dipangkas waktunya. Mulai dari pengelolaan parkir kendaraan, mengeliminir calo tiket antrian pendaftaran, mengurangi waktu tunggu pendaftaran, mengurangi waktu tunggu pelayanan poli, hingga efisiensi waktu tunggu pengambilan obat di apotik.

"Meningkatkan efisiensi dan memudahkan pasien saat mengantri serta memangkas waktu ," kata Rifa'i.

Dengan sistem baru itu, alur pendaftaran yang tak lagi menyita waktu hanya melalui telepon seluler. Selain menghemat waktu pasien, layanan ini juga meningkatkan kinerja poli dan mengetahui estimasi jumlah pasien sejak H-1 layanan. "Dengan sistem baru ini, kinerja kita di RSUD juga semakin maksimal," tuturnya pada awak media.

SMS balasan tersebut akan meminta pasien mendaftar ulang di loket BPJS pada jam yang ditentukan, lengkap dengan pemberitahuan nomor antrian. Pasien juga akan diterangkan perkiraan waktu pelayanan di Poli sambil diminta membawa berkas yang dibutuhkan. 

Pendaftaran melalui SMS ini dipastikan bisa dilakukan pasien pada seluruh hari kerja mulai Senin - Sabtu jam 08.00 - 16.00 WIB. Sehingga pasien yang mendaftar pada hari Senin akan dilayani pada hari Selasa, begitu seterusnya.

Layanan ini tidak dibuka pada hari Minggu sehingga pasien yang hendak berobat di hari Senin diwajibkan tetap mengantre di loket pendaftaran."Pendaftaran ini baru valid setelah mendapat SMS balasan oleh petugas kami," tambah Muhamad Rifai, 

Rifai memastikan petugas rumah sakit tidak akan membedakan layanan yang diberikan kepada pasien yang mendaftar melalui SMS ataupun datang langsung di loket.

Bahkan pasien yang mendaftar melalui SMS ini akan didahulukan dibanding pasien reguler dalam setiap layanan di Poli. Rifai berharap masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik layanan ini demi efisiensi operasional rumah sakit.

Topik
berita tulungagung RSUD dr Iskak Tulungagung Pengguna Poetri Meningkat

Berita Lainnya