UNBK SMP Hari Pertama di Blitar Diwarnai Masalah Server Error | Madura TIMES

UNBK SMP Hari Pertama di Blitar Diwarnai Masalah Server Error

Apr 23, 2018 17:04
Ilustrasi.(Ist)
Ilustrasi.(Ist)

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS di sejumlah sekolah di Blitar,Senin (23/4/2018), sempat terkendala server yang error. Pelaksanaan UNBK pun terpaksa ditunda hingga setengah 15 menit.

Meski secara umum siswa tidak menemukan kendala, namun sebagian besar mengaku kaget. Beberapa siswa  yang mengalami kendala harus bersabar hingga server bisa kembali dibuka guna mengunduh token untuk mengerjakan naskah ujian.

"Tadi sempat mati dua kali, trus molor sekitar 15 menit," kata Bashita Dewi Aisyah,  siswi SMPN 01 Kota Blitar.

Meski waktu pengerjaan sempat  mundur lima belas menit, namun hal itu  tidak merubah jam ujian. Sesi pertama pelaksanaan ujian tetap berakhir pada jam 09.30 WIB.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Blitar Dindin Alinurdin mengatakan, tersendatnya jaringan pada pelaksanaan UNBK hari pertama terjadi pada server pusat. Sejumlah sekolah terpaksa harus mengundurkan jadwal pengerjaannya hingga server kembali bisa digunakan. Secara umum hampir seluruh sekolah di Kota Blitar mengalami kendala tersebut. Bahkan di sejumlah SMP, pengerjaan naskah ujian harus molor hingga 45 menit.

Beberapa sekolah yang mengalami gangguan dan terpaksa memundurkan jadwal ujian diantaranya SMPN 5, SMPN 7, SMPN 8 dan SMPN 9 yang rata-rata mulai mngerjakan naskah pada jam 08.44 WIB. "Mudah-mudahan kendala ini bisa menjadi evaluasi pelaksanaan UNBK tahun berikutnya. Kami berharap ujian berjalan lancar hingga hari terakhir," ujarnya.

Lebih lanjut Dinas Pendidikan Kota Blitar menghimbau agar pihak sekolah maupun siswa siswi peserta ujian tidak panil saat server mengalami gangguan. Agar tidak berpengaruh oada psikos siswa saat mengerjakan soal ujian.

“Kami himbau kepada siswa untuk tenang, dan juga pada orangtua agar tidak khawatir, karena dapat tertangani,” tuntasnya.(*)

Topik
Berita Blitar UNBK Hari Pertama di Blitar Diwarnai Masalah Server Error Kota Blitar

Berita Lainnya