Si Jebolanduk Akan Sisir 65 Desa di Kabupaten Malang  | Madura TIMES

Si Jebolanduk Akan Sisir 65 Desa di Kabupaten Malang

Apr 05, 2018 12:28
Melalui Jebolanduk, Dispendukcapil Kabupaten Malang akan datangi 65 desa sampai Desember 2018. (Dalam foto) Kadispendukcapil Sri Meicharini. (Nana)
Melalui Jebolanduk, Dispendukcapil Kabupaten Malang akan datangi 65 desa sampai Desember 2018. (Dalam foto) Kadispendukcapil Sri Meicharini. (Nana)

  Komitmen menyelesaikan perekaman dan pencetakan E-KTP (KTP elektronik) di wilayah Kabupaten Malang, baik bagi yang  telah memiliki surat keterangan maupun bagi warga yang tahun ini wajib memiliki kartu penduduk, sudah dikibarkan. 

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang telah menyiapkan jadual bagi 65 desa di berbagai kecamatan dari April sampai akhir 2018 ini untuk menuntaskan kepemilikan E-KTP di Kabupaten Malang. 

Hal ini dibenarkan oleh Kadispendukcapil Kabupaten Malang Sri Meicharini yang menyampaikan,  pihaknya telah melakukan Jebolanduk (Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan) sejak awal tahun sampai nanti akhir tahun. "Betul,  kami telah merencanakan jebolanduk sampai akhir tahun nanti. Ada sekitar 65 desa yang akan didatangi," kata dia, Kamis (05/04). 

Rini, sapaan kadispendukcapil Kabupaten Malang, melanjutkan, pihaknya yang telah berkomitmen menyelesaikan proses perekaman dan pencetakan E-KTP sampai akhir tahun, optimis bisa tercapai. 

"Selain Jebolanduk yang merupakan andalan kita untuk menyisir warga dan terbukti sangat efektif dalam menjaring warga desa. Kini setiap kecamatan pun telah kita kasih blangko untuk bisa melayani masyarakat, " ujarnya kepada MalangTIMES. 

Jebolanduk sebagai salah satu program unggulan Dispendukcapil Kabupaten Malang telah terbukti mampu mempercepat proses perekaman bagi warga yang kesulitan mencari waktu untuk mengurus administrasi kependudukannya. 

Terutama dengan adanya bus keliling yang sejak tahun lalu telah  mulai  beroperasi. "Keberadaan bus keliling dengan fasilitas lengkap untuk perekaman ini tentunya sangat membantu jebolanduk, " ujar Rini. 

Jadwal Jebolanduk yang akan segera dilaksanakan oleh Dispendukcapil Kabupaten Malang di bulan April 2018 terdapat di empat kecamatan. Untuk Kecamatan Pagak meliputi dua desa, yaitu Pagak dan Sumberejo pada 7 dan 8 April. 

Di Kecamatan Bantur,  Jebolanduk dilakukan tanggal 14- 15 di desa bantur dan Karangsari. Dilanjut desa klepu dan druju di wilayah sumbermanjing wetan pada tanggal 21-22 April. Sedangkan untuk penutup jebolanduk di bulan April ada di Kecamatan Pakisaji yaitu tanggal 28-29 dengan lokasi di Desa Kendalpayak dan Kebonagung. 

Menurut Rini,  pemilihan Jebolanduk bagi 65 desa yang telah terjadual tersebut dipengaruhi dengan data penduduk di wilayah-wilayah tersebut yang belum tuntas perekaman dan pencetakan E-KTP. 

"Jebolanduk sebagai upaya agar kepemilikan E-KTP di beberapa wilayah yang terbilang kecil prosentasenya,  bisa terselesaikan. Maksimal target kita akhir tahun selesai semua," pungkasnya. (*)

Topik
Berita Malang Dispendukcapil Pemkab Malang

Berita Lainnya