H. Rofik SH : Potensi PAD Kita Besar, Pemimpin Lumajang Harus Cerdas Gali Potensi | Madura TIMES

H. Rofik SH : Potensi PAD Kita Besar, Pemimpin Lumajang Harus Cerdas Gali Potensi

Apr 04, 2018 15:23
H. Rofik SH, calon bupati Lumajang yang berpasangan dengan Ir. Nurul Huda (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)
H. Rofik SH, calon bupati Lumajang yang berpasangan dengan Ir. Nurul Huda (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / JatimTIMES)

Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati Lumajang, H.Rofik dan Nurul Huda mulai intensif membahas hal-hal penting dalam pembangunan Lumajang. Di antaranya terkait upaya untuk meningkatkan Pendapatan Asli daerah (PAD). 

Bagi pasangan calon nomor 3 tersebut, menaikkan PAD bisa dilakukan dengan intensifikasi dan ekstensifikasi objek dan sumber pajak.
     
Rofik menegaskan, sangat mudah jika upaya menaikkan PAD hanya melalui sektor jasa saja, seperti retribusi dan pajak. 

“Kalau hanya (menaikkan PAD, red) jasa, semua bisa jadi bupati. Jadi bupati itu harus meningkatkan PAD di seluruh potensi yang ada. Baik itu potensi pertambangan, wisata dan yang lainnya,” ujarnya.

Menurut mantan Ketua Tanfidziyah PC NU Lumajang tersebut, disisi pertambangan saja sudah banyak sekali potensi yang bisa menyumbangkan PAD. Bukan hanya dari pasir golongan C saja, tetapi ada potensi pasir besi, tembaga, uranium hingga emas dan marmer. 

“Masyarakat Lumajang banyak yang tidak tahu betapa kayanya kabupaten kita ini,” tegasnya.

Menambahkan, Calon Wakil Bupati Ir. Nurul Huda memaparkan harus ada upaya intensifikasi dan ekstensifikasi dalam meningkatkan PAD. 

“Intensifikasi dilakukan dengan meningkatkan pengawasan income PAD yang sudah ada agar tidak bocor dan bisa menyumbang lebih banyak,” terangnya.

Selain itu, masih kata Ir. Nurul Huda, salah satu persoalan PAD adalah minimnya upaya menggalakkan perusahaan daerah atau badan usaha milik daerah (BUMD) untuk bisa menyumbang PAD dalam jumlah yang lebih besar. 

“Selama ini PAD kita hanya bertumpu pada retribusi dan pajak saja,” ungkapnya.

Dia menyatakan bahwa ke depan jika terpilih, Rofik – Nurul berkomitmen untuk meningkatkan PAD setinggi-tingginya hingga bisa membantu pembangunan di Lumajang. 

Pembangunan yang dimaksud bukan hanya pembangunan fisik, tapi juga pembangunan sumber daya manusia (SDM) agar mampu mendorong percepatan kemajuan Lumajang.

Topik
Berita Lumajang calon bupati wakil bupati lumajang H Rofiq Nurul Huda

Berita Lainnya