DPR Akan Segera Proses Pengajuan Komjen Tito | Madura TIMES
Kapolri Pilihan Jokowi

DPR Akan Segera Proses Pengajuan Komjen Tito

Jun 15, 2016 15:21
Komjen Tito Karnavian. (Foto: restorasinews)
Komjen Tito Karnavian. (Foto: restorasinews)

DPR akan segera memproses pengajuan Komjen Tito sebagai calon tunggal Kapolri, yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi)

"DPR akan segera memproses hal ini. Insya Allah besok kita akan melakukan rapat pimpinan, dan mudah mudahan kita bisa melakukan rapat paripurna," jelas Ketua DPR Ade Komarudin kepada wartawan usai inspeksi ke Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2016).

Presiden Jokowi mengajukan Komisaris Jenderal Tito Karnavian sebagai calon tunggal bakal Kepala Kepolisian RI pengganti Jenderal Badrodin Haiti. 

Surat dari Presiden itu berisi pencalonan Komjen Tito Karnavian, satu-satunya menjadi calon Kapolri.

Menurut Ade surat tersebut baru saja tiba Rabu (15/6/2016) pagi sesaat sebelum dia dan rombongan DPR mengunjungi Stasiun Gambir.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPR dari Golkar, Bambang Soesatyo menilai bahwa Komjen Tito memenuhi syarat jadi Kapolri.

Baik dilihat dari sisi kepangkatan sudah menenuhi syarat bintang tiga. "Namun, dari sisi senioritas dia melampauai beberapa angkatan," kata Bambang, Rabu (15/6/2016).

Namun dari segi kapasitas, Komjen Tito dinilai Bambang sudah punya kemampuan menjadi Kapolri. "Dan dari sisi kemampuan kecerdasan, intelektual dan personalitas tidak ada yang meragukan," kata Bambang.

Bambang berharap Komjen Tito lekas disetujui DPR jadi Kapolri. Komjen Tito diharapkan bisa jadi perekat faksi di Polri.

"Saya berharapkan Kapolri baru ini bisa menjadi perekat faksi-faksi yang ada di Polri. Kedepan bagaimana Polri semakin solid," katanya.

Diketahui, Komjen Tito Karnavian alumnus terbaik Akademi Kepolisian 1987. Saat ini, Komjen Tito menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). (*)

Topik
Presiden Joko Widodo Jokowi terorisme Jenderal Tito Karnavian

Berita Lainnya