Kagum, Wisatawan Jepang Minati Reog Ponorogo | Madura TIMES

Kagum, Wisatawan Jepang Minati Reog Ponorogo

Oct 05, 2015 07:42
Reog Ponorogo (Foto: Googleimage)
Reog Ponorogo (Foto: Googleimage)

MADURATIMES – Reog Ponorogo kini  bukan hanya domain daerah saja. bahkan reog yang pernah diklaim pemerintah Malaysia ini, sudah mengglobal. 

Buktinya, banyak wisatawan mancanegara tertarik mempelajari kesenian yang berakar dari cerita rakyat itu.  di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ada wisatawa Jepang yang khusus datang untuk mempelajari kesenian reog. 

Wisatawan Jepang bernama Mao Arata dan Ippie asyik memperhatikan pembuatan perangkat seni reog, serta mencobanya di pusat kesenian reog Desa Bajang, Kecamatan Balong, Ponorogo, Jawa Timur, Minggu.

"Kami penasaran. Ternyata (kesenian) reog itu luar biasa. Kami sampai kaget melihat langsung bagaimana penari reog bisa memainkannya meski harus mengangkat sebuah topeng dadak merak yang sebegitu berat," ujar Mao Arata.

Mao dan Ippie seolah benar-benar tidak melewatkan kesempatan berkunjung ke Ponorogo, dengan mempelajari kesenian reog mulai dari proses pembuatan, persiapan hingga mempraktekkannya secara langsung.

"Walaupun saya sudah beberapa kali singgah di beberapa kota di Indonesia, namun baru kali ini saya melihat reog secara langsung dan di kotanya Ponorogo," ujarnya.

Pemandu wisata, Wisnu yang mengantarkan dan mendampingi kedua turis Jepang itu mengatakan, kesenian reog merupakan satu dari sekian banyak budaya Tanah Air yang banyak diminati wisatawan luar negeri.

"Sebelumnya kami ajak jalan-jalan melihat tempat-tempat wisata, lalu melihat reog dan ternyata mereka justru tertarik untuk mempelajarinya. Ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai putra daerah," ujarnya.

Dengan melakukan pendekatan kepada turis-turis asing melalui media kesenian, menurut Wisnu, diharapkan tumbuh kecintaan dan daya tarik sehingga Ponorogo semakin disarankan untuk dikunjungi oleh lebih banyak wisatawan mancanegara. (*)

Topik
Reog Ponorogo jepang Wisatawan

Berita Lainnya